Kamis, 17 Februari 2011

Mau tau cara belajar dan mengajar yang baik?? Klik note ini.. beri tanggapan dan tanyakan kalau ada yang ingin ditanyakan.. ^.^


RESENSI BUKU PENDOBRAK MOTIVASI

“KEAJAIBAN BELAJAR”

Judul buku : Keajaiban Belajar
Penulis : Yunsirno
Penerbit : Pustaka Jenius Publishing
Tahun Terbit : 2010
Cetakan : I
Tebal : 179 halaman

Buku Keajaiban Belajar adalah sebuah buku mengenai metode dan teknik pengajaran yang baik disertai dengan motivasi sukses belajar dan mengajar hasil karangan Yunsirno, seorang penulis yang telah sukses menghasilkan karya yang mendeskripsikan rangkaian cara belajar mengajar yang sesungguhnya. Penulis berhasil mengajak pembaca berkelana dan berpindah-pindah melalui logika ataupun realita bahkan solusi dari sebuah ilusi sejuta teknik metode meraih ilmu. Karya yang ia persembahkan ini menggambarkan sisi potret beberapa keajaiban belajar secara lebih mendalam.

Buku ini merupakan karya yang memberikan inspirasi dilihat dari kenyataan yang ada akan perspektif seseorang yang berbeda dalam gaya belajar mengajarnya. Saatnya mengubah metode belajar mengajar dalam berkecimpung di lautan ilmu. Didalamnya dijelaskan bahwa belajar merupakan sebuah keajaiban karena mereka menyimpan kunci akan rahasia-rahasia ilmuNya. Belajar adalah suatu keajaiban, keniscayaan, bukti kekaguman dan sebuah ungkapan kesyukuran yang tak terhingga. Sampai nikmatnya dalam meraih ilmu akan terasa sebagai suatu kenyataan.

Tentunya, jika dalam belajar masih tak menghasilkan apa-apa, maka perlu adanya program evaluasi metode belajar. Jika masih merasa tak bergairah dalam belajar, maka sesegera mungkin perlu disadari bahwa tujuan belajar selama ini masih belum tercapai. Hilangnya spirit ketuhanan menyebabkan banyak terjadi pelencengan proses belajar dengan tradisi menyontek dalam tes, ujian bahkan pembuatan skripsi atau tesis. Semua nampak kehilangan tujuan dan mulai mengambil dunia sebagai tujuan.

Buku yang penuh inspiratif dan komplit dengan realita dan solutif. Buku ini menjelaskan bahwa tujuan yang perlu dicapai adalah suatu cara kemudahan hidup, menciptakan hidup yang terarah, memilih proses yang benar dan memiliki daya tahan yang kuat ketika hambatan menghadang. Fokus dalam belajar dan menghadapi semua masalah. Sebelum belajar, tentunya akan lebih baik jika tujuan terbesar dan hakiki tersebut telah dimiliki.

Motivasi harus menjadi kunci pertama ketika terjun dalam dunia pembelajaran. Dalam meraih kesuksesanya, maka sangat penting bagi yang terlibat didalamnya untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan agar kesuksesan seorang pembelajar dapat diraih dengan sukses.

Buku ini sangat inspiratif, mengalir bersama desiran bacaan isi bukunya. Buku yang disebut sebagai tetrabook ini merupakan kisah dan empat hal yang saling berkaitan. Melalui karya tetrabook pertamanya adalah tetrabook mengenai motivasi, tetrabook kedua adalah tetrabook kiat sukses, tetrabook ketiga adalah tetrabook terkait teknik belajar dan tetrabook keempat adalah teknik dan pola mengajar. Keempat hal diatas merupakan gabungan dari motivasi, kesuksesan, sistem belajar dan mengajar yang tak dapat dipisahkan.

Buku ini menceritakan suatu fenomena masyarakat dalam dunia pendidikan. Tentunya ada yang salah dengan cara belajar jika terlihat semakin banyak penurunan pendidikan saat ini. Buku ini akan membongkar tuntas motivasi-motivasi yang seharusnya ada dalam proses belajar dan membuat sesuatu yang ambigu menjadi jelas dan timbul keinginan untuk belajar.

Penulis memaparkan bagaimana cara belajar dan bagaimana cara mengajar sesungguhnya. Buku ini adalah sebuah gebrakan dan pendobrak sistem yang mematahkan motivasi dalam belajar. Sebuah bahaya laten bagi pendidikan dan bahaya terang-terangan dalam dunia pendidikan dengan suatu metode yang harus diperbaiki dalam gaya belajar. Penulis tak hanya mencoba berteori dan bermimpi, namun mencoba mengaplikasikannya dalam sebuah lembaga pendidikan untuk mengetahui keberagaman karakter yang dididik.

Tak ada gading yang tak retak, buku ini membutuhkancara berpikir kreatif dan imajinatif. Pemikiran yang masih bersifat konvensional dapat menjadi hambatan dalam membaca kata demi kata buku ini. Akan tetapi, tentunya bukanlah suatu hambatan jika membacanya diiringi pemahaman dan motivasi sesungguhnya. Selain memberikan pengetahuan, buku ini juga memberikan berbagai pengalaman dan perbandingan pola pikir sistem pengajaran dalam menciptakan satu perspektif pendidikan yang lebih maju.



Selamat membaca dan mulailah suatu perubahan dengan memahami Keajaiban Belajar !!!



Info lebih lanjut

http://keajaibanbelajar.com/

http://sbsmalang.blogspot.com/.



Diresensikan oleh :

Hilda Rafika Waty_170989

Tidak ada komentar: