Rabu, 07 Maret 2012

#H-1 and 1st Day di Negeri Jiran

Yup!

Bismillaahirrahmaanirrohiim..

Sebelum berangkat berpetualang ke tempat dimana lo belum pernah ngeliat sama sekali atau belum pernah lo jajaki, gw saranin, baiknya briefing dulu dan beli buku panduan (guide), walopun menurut lo itu buku ga ngefek disana karena lo bakalan dapet guide beneran yang bisa ngomong plus ngajak jalan. Soalnya itu buku, bisa kasih lo informasi lebih awal, setidaknya lo ga cengo2 banget buat tahu semua tentang itu tempat, eh.. negara maksudnya.

This is the fisrt time, new experience buat orang awam kaya gue yang keliatan cengo masuk negara orang sambil cengegesan. Well, ini ceritanya, saat dimana gue baru menyadari ternyata hidup di negeri orang sama beratnya atau bahkan lebih berat dari hidup di negeri sendiri..

#1st Day (Friday, 10 Febr'12)
Lebih baik lebih awal daripada telat. So, berangkat 4-5 jam sebelum bener2 take off sangat gue sarankan. Terlebih lagi, lo harus bisa kasih estimasi ats kemacetan atau delay keberangkatan lo. Well, kenyataannya, bener kan? ini supir *yang tidak perlu disebut namanya, bikin jalan muter2 alias menambah jam gue lebih lama menatap jalanan (agak ambigu sebenernya menatap jalanan atau menatap si supir) aissshhh... ha? sudahlah.. itu cuma selingan, alasan yang bisa dikonsumsi buat gue aja.. hehe..Cek semua barang dan berkas (paspor dll) sebelum benar2 memasuki jurang pemisah dunia lo (dunia lain kaliii...), maksudnya dunia lo masih bisa cengengesan sampe lo harus diem waktu di detect ma alat canggih petugas (kaga tau namanya apa).

Fine! usai sudah melewati tahapan pemeriksaan itu, lanjut ke bagian keberangkatan/embarkasi (bahasa kerennya), pelajaran yang sangat berharga dan perlu disiasati adalah, cek tiket pesawat online apakah udah bener-bener termasuk biaya bagasi, airport tax, tiket pesawatnya sendiri, dll segala tetek bengeknya.. hoalaahhh.. Pelajaran 1 : Jangan pernah bawa koper segede gentong dan isi segambreng yang bakalan mempengaruhi berat koper yang lo bawa, tragis buat temen gue yang lebih 3.9 kg dan seketika itu juga harus membayar fee bagage seratus lima puluh rebu. dan lo tau apa? tanpa pikir panjang, kita kasih ke petugasnya tu duit. Terus?? baru mikir.. kenapa tadi ga dipindahin aja 4 kg nya ke tas ransel buat dimasukin ke cabin??? Well.. kebodohan pertama sudah dilakukan, uang cepe 50 ribu itu udah hangus terbang di dunia khayalan, dimana seharusnya bisa dapetin kurang lebih 50 ringgit. So besok-besok, kaga perlu rempong bawa baju banyak, cukup 2-3 baju, terus siap cuci baju atau laundry di tempat yang dituju. Lebih efisien dan ga pake itungan bagasi kan?? udah gitu, pasti melatih diri jadi tukang cuci di negara orang, ehh.. tapi bukan TKI lho.. heh? Kasian kamu kawann.. aku turut berduka cita atas kecengoa kita bersama.. ooooo....

Next step. Ngantri panjang banget yah baut cek paspor dan pertanyaan destination aja, tengok kanan-kiri, semuanya orang bule. Agak gimana gitu berada di tengah orang bule, berasa bule gue nya meskipun kulit india item manis gini. Jreng!!! jaket Biru plus emblem Indonesia membuat kami bangga kalo orang Indonesia yang punya tampang pas-pasan kaya kita bisa berangkat ke luar negeri juga. Cuma 2 pilihan; Malaysia-Singapore. Posisi pemeriksaan aja, kita tanya dulu, salah tempat apa nggak, syukurlah.. semua tujuan sama saat itu, Kuala Lumpur. Kalo ga, harus diuji dulu conversationnya saat itu juga. hoho.. Nah? lanjut ke bagian detector lagi.. Kali ini bener-bener ketidaktahuan yang gue dan temen-temen lalui, antara polos sama oon rada tipis sih sebenernya, tapi gue boleh dong bela diri.

Pelajaran ke-2 : Jangan pernah bawa minum botolan penuh, apalagi sampe sebotol 1.5 liter, Actually.. lo tas lo akan berbunyi tut..tut..tut.. cuma karena cairan itu, Alhasil, lo diminta minum plus tawaran makan ditempat dan diwaktu yang sama buat ngabisin itu minuman dan makanan. Jadilah kelompok autis yang makan dan minum di tengah pemeriksaan petugas dan jadi tontonan bule-bule yang lewat sambil meringis senyum (ngeledek si sebenernya). Haha.. gue kebetulan selalu jadi fotografer, dan momen ini ga akan pernah gue tinggalin begitu aja. Jepret! hohoho...

Pelajaran ke-3 : Dalam kondisi dan diwaktu yang sama sebenernya, jangan pernah bawa uang RECEH dikantong yang lumayan banyak plus berisik kalo sampe jatuh ke lantai. Lo tau kenapa? ya itu, koin kan dari logam dan logam akan kembali terdetect oleh detector.. Kena deh tuh temen gue diceramahin sama petugas supaya jangan banyak-banyak apalagi koleksi receh ke tempat tujuan orang asing. Hosh! kena lgi..kena lagi..

Pelajaran ke-4 : Giliran gue! Jangan pernah pake jaket/seragam/baju warna abu-abu kelabu yang mirip banget sama seragam PETUGAS IMIGRASI! Well, ini akibatnya gue sukapke jaket abu-abu, jaket organisasi kebanggaan gue, DPM (Baca : Dewan Perwakilan Mahasiswa). Teruss kenapa? Intinya, gue dikira petugas sama beberapa orang asing yang nengok dan mau tanya ke gue, sampe ada orang Singapore yang serius ngeliatin gue hingga dia punya keberanian buat nanya ke gue (emank tampang gue seserem itu apeh??). Ternyata orang ini fasih Inggrisnya, mulailah gue aplikasiin Inggrisnya bahasa begajulan gue, untung si tourist ngarti, kalo ga, bisa malu-maluin nama petugas IMIGRASI yah ntar?? haduugghh.. So, gue saranin mending lo cari baju laen, asal warnanya ga bikin iritasi mata juga. hoho..

Next,
Udah hal biasa kalo naik pesawat buat gue yang kerjaannya kaya TKI, bolak-balik naek pesawat (gayyaaaa), so be patient aja bawa bocah yang baru pertama kali nyoba duduk di bangku pesawat. Tujuan selanjutnya cuma bandara Low Cost Carrier Terminal (LCC Terminal). Inget pesen temen yang jadi guide disana, kalo kita bakal sampe bener-bener pukul 00.00 (waktu Kuala Lumpur). Waww!!! Masih ada angkot apa jam segitu?? Upz! gue salah ngomong, lo ga akan pernah baca ataupun denger orang-orang sono nyebut-nyebut kata angkot, karena emank disono kaga ada angkot!. Jreng!! sudah tiba kami di LCC Terminal, berubahlah semua, mindset, gaya bahasa bahkan stylist yang agak-agak imitate Malaysia. Nak tengok ke kanan dan kiri, lihat-lihat ada Papan Kenyataan (nah, lo bingung kan apa ni maksudnyeu?), ya itu, Papan Informasi. oalaahhh... yasudahlah di note ini gue ga nakalan komen banyak tentang bahasa orang, itu punya dia, hak dia dan pokonya ga boleh di protes dah. Seret sana, seret sini, kembali ke pemeriksaan paspor untuk "KETIBAAN" di bandara KLIA, untung bukan ketiban! coba kalo ketiban? heu

Si petugas langsung ngeh, kalo kita orang Indo (lebih tepatnya karena emblem bendera Indo yang dipake temen gue jelas banget). Ditanya mau ngapain versinya malaysia, berapa hari, tinggal dimana, ada keperluan apa, bla..bla..bla.. Herannya cuma gue yang ditanya panjang banget, dua temen gue lancar banget kaga ditanya macem-macem. Nah? gue kan jadi mikir, kemaren waktu bikin paspor juga gitu, diwawancarain hampir 15 menit, yang lain mah cuma bentar banget, nah gue, diajak ngobrol ngalor-ngidul dulu. Apa karena gue orang yang patut dicurigai? atau karena mereka tersepona sama tampang gue? (sebenernya si gue yakin karena mereka ngeliat tampang gue yang rada-rada oon, jadi diragukan buat ke luar negeri, apalagi ikutan acara international conference beginian, jadi perlu ditanya data-data atau informasi yang lengkap tentang gue, khawatir gue nya ilang atau jadi anak terlantar di negeri ornag). Kasian... Hufth.. Kalaupun itu terjadi, mungkin gue bakal maksa nginep di Kedubes Indo aja lah ya, narik-narik pegawai sana buat bisa terima gue tinggal disana. Yup! Gue yakin, itu ga bakalan terjadi. hohoho

Sampe mana kita?oh ya, udah itu, berdiri lah kita di OldTown White Coffee, depan bandara LCC Terminal, nunggu temen yang bakalan jemput disana.. Agak cemas si kitanya, karena ga tau bakalan dijemput dengan lenggang kangkung (tanpa transportasi dan siap naik taksi) atau berharap dia bawa mobil pribadi. alhasil, Alhamdulillaah yah, sesuatu, mobil pribadi itu melintas di depan kami, tarraaa... tinggal dag-dig-dugnya, kita mau dibawa kemana dan tinggal dimana?? 1 jam perjalanan dari bandara, sampe juga di rumah tinggi bersusun (baca : apartemen). Hah? gue harus tinggal sama cowok? serius lo? Upz! ternyata dia ga sepicik yang gue pikirin, hahaha.. kita disambut dengan istimewa disana, cewek ya tidurnya sama cewek, dan cowok ya numpuklah sama cowok.. hohoho

Teng! jam 1 malem malaysia, setelah cipika-cipiki, senyum-senyuman, ngobrol-ngobrolan, jadi lah kita ditempatkan pada sebuah kamar yang cukup mewah. Alhamdulillaahh,, setidaknya tidak terlantar. Oke, tinggal menunggu esok hari buat registrasi ulang di kampus UIAM (Universitas Islam Antarbangsa Malaysia-Gombak-Kuala Lumpur), yang ternyata setelah ditelusuri adalah wilayah dari ujung ke ujung, lebih jauh kalo lo naek kereta dari St. Kota-St. Bogor, ckckck.

it's time to sleep.... Hoaaammmm

Tidak ada komentar: