Rabu, 07 Maret 2012

Kandungan Gizi Protein Ikan Tuna (Air Laut) Versus Ikan Mas (Air Tawar)

Banyak masyarakat Indonesia yang belum menyadari pentingnya mengkonsumsi protein hewani, bahkan kalau dianalisa, konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia masih di bawah standar yang ditetapkan oleh Badan Pangan Dunia (FAO) lhoo... Peningkatan konsumsi protein hewani juga dapat kita lihat sebagai peluang adanya pertumbuhan ekonomi. Seiring dengan perubahan dan kemajuan pola hidup masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pangan dan asupan gizi protein hewani, kian berdampak pada permintaan produk hasil peternakan maupun perikanan yang berkualitas. Optimalisasi potensi perikanan salah satunya menjadi solusi terhadap kekhawatiran loss generation akibat minimnya asupan protein hewani yang mempengaruhi kualitas sumber daya manusia Indonesia.

Beberapa fungsi protein baik protein hewani maupun nabati antara lain untuk membuat dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Dengan demikian, ketersediaan protein dalam menu makanan tidak saja diperlukan oleh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan, juga dibutuhkan oleh orang-orang dewasa. Dibandingkan dengan bahan makanan sumber karbohidrat, biaya yang harus dikeluarkan untuk bahan makanan sumber protein pun relatif lebih mahal. Akan tetapi bahan makanan sumber protein harus tersedia dalam menu makanan sehari-hari, agar tubuh kita memperoleh asupan gizi yang seimbang. Beberapa kandungan gizi protein hewani dapat kita peroleh dari produk yang memang tak asing lagi di dengar, yaitu ikan.

Sebagai bahan pangan, ikan merupakan sumber protein, lemak, vitamin, dan mineral yang sangat baik dan prospektif. Keunggulan utama protein ikan dibandingkan dengan produk lainnya adalah kelengkapan komposisi asam amino dan kemudahannya untuk dicerna. Mengingat besarnya peranan gizi bagi kesehatan, ikan merupakan pilihan tepat untuk diet di masa yang akan datang.
Kandungan protein hewani dari ikan cukup potensial untuk diterima sebagai asupan gizi. Protein hewani dari ikan dapat kita peroleh dari jenis protein ikan air laut dan ikan air tawar. Salah satu contoh dari jenis ikan air laut adalah ikan tuna dan ikan air tawar yang sering menjadi spesies budidaya adalah ikan mas.

Ikan tuna – Ikan Laut Bergizi Tinggi

Salah satu jenis ikan yang banyak diminati, baik di pasar lokal maupun internasional, adalah ikan tuna. Yang dalam bahasa latinnya dikenal sebagai Thunnus sp dan dalam bahasa Inggris disebut skipjack. Ikan tuna mempunyai daerah penyebaran sangat luas atau hampir disemua daerah tropis maupun subtropis.Ikan tuna tergolong jenis scombrid yang sangat aktif dan umumnya menyebar di perairan yang oseanik sampai ke perairan dekat pantai. Pergerakan (migrasi) kelompok ikan tuna di wilayah perairan Indonesia mencakup wilayah perairan pantai, teritorial dan Zona Ekonomi Ekslusif (ZEE) Indonesia. Ikan tuna adalah perenang yang sangat cepat (pernah diukur mencapai 70 km/jam) dan termasuk spesies yang berdarah panas. Hal yang perlu diketahui adalah daging ikan tuna terdiri dari dua bagian, yaitu daging putih dan daging merah, yakni kurang lebih 1/6 bagiannya. Dilihat dari komposisi gizinya, tuna mempunyai nilai gizi yang sangat luar biasa. Kadar protein pada ikan tuna hampir dua kali kadar protein pada telur yang selama ini dikenal sebagai sumber protein utama. Ikan tuna adalah jenis ikan dengan kandungan protein yang tinggi dan lemak yang rendah. Ikan tuna mengandung protein antara 22,6 - 26,2 g/100 g daging. Kadar protein per 100 gram ikan tuna dan telur masing-masing 22 g dan 13 g. Konsumsi ikan 30 gram sehari dapat mereduksi risiko kematian akibat penyakit jantung hingga 50 persen.

Untuk kelompok ikan tuna, bagian ikan yang dapat dimakan berkisar antara 50 – 60 % (Stanby, 1963). Kadar protein daging putih ikan tuna lebih tinggi dari pada daging merahnya.Daging merah ikan adalah lapisan daging ikan yang berpigmen kemerahan sepanjang tubuh ikan di bawah kulit tubuh.Daging merah mempunyai kandungan mioglobin tinggi, yang diimbangi dengan banyaknya jaringan pengikat dan pembuluh darah, sementara daging putih mempunyai jenis-jenis protein yang berkualitas tinggi.

Ikan Mas - Ikan Air Tawar Kaya Protein dan Vitamin
Kandungan gizi ikan air tawar cukup tinggi dan hampir sama dengan ikan air laut, sehingga dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang cukup. Tingginya kandungan protein dan vitamin membuat ikan yang mudah dibudidayakan ini sangat membantu pertumbuhan anak-anak balita. Ikan mas sebagai ikan konsumsi merupakan salah satu komoditas sektor perikanan air tawar yang terus berkembang pesat. Ikan mas banyak diminati karena rasa dagingnya yang enak dan gurih serta memiliki kandungan protein yang cukup tinggi. Permintaan konsumsi ikan mas dari tahun ke tahun cenderung meningkat terutama di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya, Bandung (Khairuman 2002).

Ikan mas merupakan sumber protein hewani bagi kebutuhan gizi manusia yang aman bagi kesehatan karena kandungan asam lemaknya sedikit sehingga mengurangi peningkatan kolesterol dalamdarah (Patriono et al. 2009). Komposisi kimia daging ikan mas umumnya terdiri dari 15-24% protein, 66-84% air, 0,1-22% lemak, 1-3% karbohidrat dan 0.8-2% bahan anorganik.

Mengkonsumsi Ikan juga dapat menurunkan kadar kolesterol darah, menurunkan kadar trigliserida darah, meningkatkan kecerdasan anak dan meningkatkan kemampuan akademik, menurunkan risiko kematian karena penyakit jantung, mengurangi gejala rematik, menurunkan aktivitas pertumbuhan sel kanker dan juga mengandung omega 3 dan omega 6. Daging ikan mempunyai serat-serat protein lebih pendek daripada serat-serat protein daging sapi dan ayam. Oleh karena itu ikan dan hasil produknya banyak dimanfaatkan oleh yang mengalami kesulitan pencernaan sebab mudah dicerna. Kekurangan asupan protein dapat berpengaruh terhadap pertumbuhan serta tidak optimalnya pertumbuhan jaringan tubuh dan jaringan pembentuk otak. Protein tertinggi dapat diperoleh dari mengonsumsi ikan laut jika dibandingkan dengan daging biasanya. Protein hewani sangat diperlukan sebagai pembentuk jaringan baru. Tersedianya protein dalam tubuh, mencukupi atau tidaknya bagi keperluan-keperluan yang harus dipenuhinya adalah sangat bergantung dari susunan bahan makanan yang dikonsumsi setiap hari. Nah.. masih ragu untuk mencoba mengkonsumsi ikan?? Let’s try it!! (HiLDa-EMULSI)

Tidak ada komentar: